Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop - Keminjal

4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop - Semangat pagi! Semoga hari Anda menyenangkan dan kami ucapkan selamat datang di situs Keminjal yang saat ini sedang Anda baca. Seperti yang tertulis pada judul, kali ini kita akan membahas tentang 4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan tentunya akan sangat menarik.

Mungkin beberapa waktu yang lalu Anda sedang mencari artikel tentang 4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop di internet dan dari sekian banyak situs yang menyediakan informasi tersebut, Anda memilih untuk berkunjung ke situs ini, maka Anda sudah membuat keputusan yang tepat, karena kita memang akan mengupasnya. Baiklah langsung disimak saja yuk.

Ulasan Lengkap 4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Terdapat beberapa alternatif yang dapat kamu ikuti untuk menyalakan bluetooth pada laptop. Kemudian, digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya mengkoneksikan laptop dengan speaker bluetooth, HP untuk transfer data, atau keperluan lainnya.

Sebelum memulai mengaktifkan tersebut perlu dicek terlebih dahulu apakah sistem laptop terdapat teknologi bluetooth di dalamnya atau tidak. Namun, bila laptop kamu baru harusnya sudah ada bluetooth.

Yuk kita coba apa saja cara-cara mengaktifkan bluetooth di laptop. Cara-cara berikut diurutkan berdasarkan tingkat kemudahannya.

Jadi bila cara pertama telah sukses, kamu tidak perlu mengikuti cara-cara lainnya.

Cara 1: Mengaktifkan Bluetooth via Keyboard

Cara paling mudah adalah mengaktifkan bluetooth via keyboard. Untuk mengetahui tombol mana yang harus ditekan, cek pada keyboard kamu tombol yang ada icon bluetoothnya.

Kemudian, mulai aktifkan bluetooth dengan menekan tombol “Fn” dan “tombol yang ada bluetoothnya” secara bersamaan. Jadi, kedua tombol ini ditahan bersamaan. Setelah itu, nantinya akan muncul notifikasi bahwa bluetooth pada laptop telah aktif.

Cara 2: Mengaktifkan Bluetooth via Pengaturan/Setting

Cara kedua dengan mengaktifkan bluetooth melalui pengaturan. Cara ini dapat kamu lakukan bila pada tombol keyboard tidak terdapat icon bluetooth.

Untuk cara kedua, langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan/setting.
  2. Pilih Bluetooth & Devices.
  3. Tekan tombol switch bluetooth dari off menjadi on.

Setelah diaktifkan, maka laptop tersebut dapat dihubungkan dengan perangkat lain yang juga memiliki bluetooth.

Misalnya, speaker bluetooth, google nest, laptop lain, atau hp. Btw, perihal speaker bluetooth bila Anda ingin mencari yang bagus, kami ada rekomendasinya disini: speaker bluetooth terbaik.

Kemudian, bila kamu masih bingung bagaimana menghubungkan dua perangkat dengan bluetooth dapat mengikuti tutorialnya disini: cara menghubungkan perangkat dengan bluetooth.

Cara 3: Mengaktifkan Bluetooth via Driver

Cara ketiga dapat kamu ikuti bila laptop berdasarkan spesifikasi yang dijelaskan telah termasuk bluetooth, namun melalui cara 1 dan cara 2 tidak berhasil. Ada kemungkinan terdapat permasalahan dengan driver dari bluetooth karena satu dan lain hal. 

Oleh karena itu, langkah yang perlu kamu ambil adalah menginstall kembali/update driver bluetooth sehingga sistem dapat mengenali adanya fitur bluetooth pada laptop. Terdapat 3 opsi, sebagai berikut:

Opsi Pertama: Identifikasi dan Update via Device Manager

  1. Buka Device Manager.
  2. Pilih Bluetooth.
  3. Klik Intel(R) Wireless Bluetooth(R).
  4. Pilih update driver.
  5. Pilih search automatically for drivers (harus terhubung ke internet).
  6. Tunggu proses updatenya, bila telah dinyatakan “the best drivers for your device are already installed” artinya driver bluetooth telah versi terbaru.
  7. Selesai.

Opsi Kedua: Identifikasi dan Update Otomatis via Support Assistant

  1. Install intel driver support assistant.
  2. Kemudian, jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi ini akan otomatis melakukan identifikasi dan update pada bluetooth kamu.

Opsi Ketiga: Identifikasi melalui Manual Adaptor Intel

  1. Buka device manager. Caranya cukup cari “device manager” pada pencarian di Windows.
  2. Klik network adapters.
  3. Cari nama Adaptor Intel® Wireless, kemudian catat. Pada case ini kita menemukan nama adaptor Intel(R) Wirelessnya adalah Intel(R) Wireless-AC 9560 160MHz.
  1. Kemudian, ketahui versi bluetooth Anda.
    • Buka Bluetooth.
    • Klik kanan Properties.
    • Pilih tab Driver.
  • Nantinya, didapatkan versi dari bluetooth Anda. 
  • Bandingkan versi driver laptop dengan versi bluetooth terbaru di laman ini. Bila belum sama, maka download dan install versi terbaru tersebut.
  1. Catat nomor Driver Version tersebut, lalu unduh driver terbarunya disini.

Cara 4: Mengaktifkan Bluetooth via USB Bluetooth Dongle

Kemudian terdapat cara keempat dengan bantuan USB Bluetooth Dongle. Cara keempat ini merupakan alternatif bila laptop kamu tidak memiliki fitur bluetooth atau terjadi kerusakan pada bluetooth tersebut.

Harga dari fitur ini sekitar Rp 50 hingga 100 ribuan. Jadi, tinggal USB Bluetooth Dongle tinggal dicolok pada laptop, maka laptop akan otomatis memiliki koneksi bluetooth yang dapat dihubungkan dengan perangkat lainnya.

Selain itu, USB dongle ini juga dapat digunakan pada speaker dan perangkat lainnya yang mendukung USB sehingga perangkat tersebut nantinya memiliki koneksi bluetooth.

Misalnya, kamu memiliki speaker aktif yang tidak ada koneksi bluetooth namun ada input USB. Nah, dengan mencolokkan USB Bluetooth Dongle pada input USB di speaker, speaker nantinya akan terhubung dengan HP via bluetooth.

Okey, itulah 4 cara yang dapat kamu coba untuk mengaktifkan bluetooth pada laptop. Semoga bermanfaat dan bluetooth laptop kamu aktif.

The post 4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop appeared first on Ngutek.

Selamat! Anda baru saja selesai membaca ulasan mengenai 4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop. Harapan kami uraian diatas dapat menjadi penawar rasa penasaran Anda serta menambah wawasan kita semua. Jika dirasa masih ada hal yang perlu di tanyakan setelah membaca uraian diatas, silahkan menyampaikannya melalui kolom komentar dibawah. Thank you sudah mampir ke situs keminjal dot blogspot dot com. Sampai ketemu di postingan selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop - Keminjal"